[REPORT] MIX Goes to Campus “Welcome to the New Contact Point, Youtube”

Fikomers, Universitas Budi Luhur bekerja sama dengan majalah mix dan mengadakan sebuah acara “Mix Goes To Campus Universitas Budi Luhur” dengan tema “Welcome to the New Contact Point, Youtube!”. Acara ini diselenggarakan pada hari Rabu 4 Juni 2014 pukul 09.00 WIB di Gedung Teater, dengan menghadirkan pembicara Majin Mahidin (CEO & CO-Founder Bounche), Dipa Andika Nurprasetyo (Social Media Manager PT XL Axiata Tbk), Dion Widhi Putra (Youtube Expert Indonesia) dan juga Benny Muhdaliha sebagai Moderator acara.

Acara ini diawali oleh sharing dari Majin Mahidin mengenai Youtube sebagai Contact Point yang baru yang marak menjangkau kehidupan masyarakat Indonesia belakangan tahun ini. Semenjak Youtube launching di Indonesia ada sekitar 57% orang Indonesia khususnya laki-laki yang menggunakan Youtube, dan 43% nya adalah perempuan, Indonesia terletak di urutan pertama dari 4 Negara yang menggunakan Youtube setiap harinya. Jika dibandingkan dengan Singapore, mereka terlalu sibuk untuk menyempatkan dirinya menggunakan Youtube. Pada saat ini tercatat bahwa dalam satu bulan viewer dalam Youtube dapat mencapai enam miliar jiwa! angka yang fantastis sekali ya, dan ini pun bisa meningkat juga setiap bulannya, dan tidak lupa juga rata-rata orang membuka youtube pasti minimal 18 menit setiap pertama kali membuka Youtube. Majin juga menjelaskan disini Top 15 Indonesia Youtube Channel adalah Entertaiment, Lifestyle, Music, Politic dan Education.

Dilanjutkan kembali oleh Dion Widhi Putra dan Dipa Andika Nurprasetyo dengan tema yang sama namun dengan tagline “Welcome to The World of Creator or Die” maksud dari materi yang disampaikan adalah kita jangan menjadi orang yang biasa, jadilah orang yang kreatif yang mampu menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak, hal ini terkait dengan personal branding, “bagaimana cara kita membrand diri kita, kalo ini loh gue, gue tuh bisa ini, dan kalian harus membuktikan itu, jangan pernah malu, kalian harus tunjukin kalo kalian adalah orang yang bermanfaat buat orang-orang diseluruh dunia, caranya mungkin dengan memberanikan diri untuk membuat sebuah video yang berdurasi 1-2 menit” ujar Dion. Dion menambahkan bahwa hal penting dalam membuat video adalah buatlah video itu menarik di 15 detik pertama, karena itu sangat menentukan keberhasilan dalam membuat sebuah video. Karena yang kita tahu bahwa Youtube adalah alat atau media saat semua orang yang ada di dunia ini bisa memilih apa yang ingin ditonton, dan mana yang tidak ingin di tonton, karena Youtube juga sebagai television network yang bisa kita saksikan kapan saja yang kita inginkan.

 

(Marissa Alfira S & Achmad Hayyi Afriza contributed to this report)

Seminar hasil kerjasama Mix Marcomm Magazine, Program Studi Ilmu Komunikasi dan PRC (Public Relations Community). Serta didukung oleh BEM FIKOM dan HIMAKOM.

Comments are closed.