Home » Konsentrasi Digital Media & Advertising

Konsentrasi Digital Media & Advertising

 

Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif Universitas Budi Luhur memberikan ruang kepada Mahasiswa untuk mendalami Ilmu Komunikasi dengan beberapa jalur peminatan atau konsentrasi. Salah satu konsentrasinya yaitu:

Digital Media & Advertising

 
Peminatan yang menawarkan peserta studi untuk menjadi komunikator yang handal, mengembangkan strategi dalam menyelesaikan sebuah project digital, menganalisa permasalahan yang dihadapi client, mengembangkan konsep kreatif yang berbasis digital, pemilihan jenis media digital yang tepat, mengawasi proses penyampaian pesan agar berhasil, efektif & efisien.
Prospek Lulusan
Lulusan Konsentrasi Digital Media & Advertising dalam prospek kerja, dapat diserap oleh instansi pemerintahan dan perusahaan swasta dalam kaitannya dengan bidang industri kreatif, agency digital, media sosial, maupun media massa. Perkembangan media digital (media sosial, e-commerce, portal berita dan media online lainnya) yang begitu pesat saat ini juga berpengaruh terhadap animo masyarakat terhadap suatu brand di dunia digital. Artinya  industri kreatif adalah sosok dibalik kesuksesan kampanye suatu brand tersebut sehingga mampu merebut hati para calon konsumen. Munculnya agensi-agensi digital atau industri-industri kreatif baru menjadikan prospek lulusan konsentrasi ini akan menjadi sangat dibutuhkan untuk diserap dalam industri kreatif tersebut
Adapun prospek lulusan dari Advertising FKDK Budi Luhur adalah:
Edit
Profil ProfesiDeskripsi Profil
Strategic PlannerMemiliki kemampuan untuk menganalisis brand profile klien
beserta insights yang melingkupinya (market
insights, consumer insights, competitor insights, dsb) secara
komprehensif berdasarkan client brief yang sudah disusun
oleh Account Executive.
Social Media ManagerMemiliki kemampuan untuk mengelola konten dan
memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform media
social, menjadi admin media sosial, dan meminimalisir
konflik pada social media. Mampu mengidentifikasi masalah
dan memberikan pemecahan masalah yang terjadi di
media social. Mampu membuat dan mengelola program
aktivasi di media sosial.
CopywriterMemiliki kemampuan membuat konsep kreatif pemasaran dan
merangkai konsep tersebut dalam bahasa pemasaran. Mampu
menulis, merangkai, menyunting pesan di berbagai
saluran komunikasi pemasaran.
Account Executive / Project ManagerMemiliki kemampuan untuk memahami untuk
mengidentifikasi kebutuhan dari setiap klien. Juga mampu
untuk mengumpulkan, menganalisis dan mengorganisasikan
informasi dari client dan menyampaikannya kepada tim
internal. Mampu mengelola proyek periklanan dan harus memiliki kemampuan negosiasi.
Marketing CommunicationMemiliki kemampuan mengalisis merek, pasar, khalayak
sasaran, hingga merencanakan dan menyusun perencanaan
dan proposal komunikasi pemasaran. Memiliki kemampuan
presentasi, negosiasi, dan berinteraksi pada level
interpersonal maupun organisasional di lingkungan kerja.
Mampu menentukan strategi promosi dan media yang
digunakan.
Tujuan Khusus
Mampu untuk menjadi pengkaji masalah komunikasi yang dihadapi dengan mengkonsepkan dan mengeksekusi pesan secara kreatif, efisien dan efektif melalui media digital. memiliki keterampilan dan kemampuan menciptakan gagasan, merancang, menulis, mengeksekusi pesan iklan dalam media digital. Pula dalam mengembangkan konsep, selalu berlandaskan teori dan juga mempertimbangkan konteks sosial, politik, budaya, ekonomi, pendidikan, maupun bidang lainnya. Mampu secara konsisten mengelola dan memproduksi pesan dan karya seni sesuai kaidah dan standar prosedur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi mampu mengembangkan jiwa enterpreneurship di bidang industri kreatif sebagai pengembangan profesi dan usaha. mampu bekerja dengan memperhatikan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, menjadi insan yang bermoral, berkarakter, berahlak mulia dan berbudi pekerti luhur.