Home » Ilmu Komunikasi – S2

Ilmu Komunikasi – S2

PROFIL PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI ( MIKOM )

Untuk mengikuti perkembangan IPTEK, isu-isu lingkungan, serta untuk memenuhi kebutuhan SDM. di Indonesia saat ini, Universitas Budi Luhur tergerak untuk mendirikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi. Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berbasis teknologi komunikasi disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Program ini dibuka untuk umum bagi lulusan S-1 dari berbagai Universitas yang akan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi. Universitas memprioritaskan kualitas lulusan yang dihasilkan, lebih baik dan kompeten dibidangnya. Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat lebih didasarkan pada pola pokok ilmiah Universitas, yaitu yaitu dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Masa studi yang dijalankan tentunya masing-masing berbeda sesuai dengan spesifikasi bidang/program studi yang diminati.

Universitas Budi Luhur memberikan kesempatan untuk semua calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri, yang secara intelektual mampu menempuh pendidikan lebih tinggi, secara interaktif dan interdisipliner. Universitas Budi Luhur merupakan salah satu Universitas terkemuka di Indonesia dengan fokus pada pengembangan interdisipliner dalam Rekayasa dan Teknologi Informasi, Ekonomi dan Komunikasi,

Globalisasi menumbuhkan pesatnya industri komunikasi dan informasi yang  mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang luas. Untuk mengisi peluang dan lapangan kerja tersebut, tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) handal dan profesional. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur merupakan program yang di desain untuk menghasilkan SDM-SDM handal, cerdas berbudi luhur  menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta profesional mampu bersaing di bidang:

  1. Marketing Communication and Corporate Public Relations
  2. Media Industry Communications
  3. Digital Political Communication

 

Keunggulan

Unggul memiliki makna substantive yang bernilai Competitiveness  tertinggi. Keunggulan Universitas Budi Luhur akan ditunjukan dengan karya-karya akademik yang bersifat substansial dan dapat dikompetisikan pada ranah nasional. Unggul dengan daya saing di tingkat nasional dengan standar minimal mencapai ijin Program studi , dan mendapatkan peringkat akreditasi dari  Badan Akreditasi Nasional. Dimensi keunggulan yang dikembangkan Universitas Budi Luhur mengarah kepada lima pilar keunggulan yakni: (1) Pendidikan ; (2) Penelitian ; (3) Pengabdian Kepada Masyarakat; (4) Kemahasiswaan; dan (5) Kelembagaan. Setiap pilar didorong untuk memiliki keunggulan spesifik sehingga memiliki nilai competitiveness yang tinggi.

Tujuan

Tujuan Program Studi Magister Ilmu komunikasi (MIKOM) universitas Budi Luhur adalah: menyiapkan lulusan Magister Ilmu komunikasi yang memiliki Kompetensi:

  1. Kemampuan dalam komunikasi personal, komunikasi persuasi dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (Cyber Communication)
  2. Kemampuan mengikuti dan cepat beradaptasi pada perkembangan industri dan bisnis serta berjiwa
  3. Kemampuan melakukan riset komunikasi dan menghasilkan karya komunikasi kreatif.
  4. Kapasitas kepemimpinan, berpikir dan bertindak strategis, serta kemampuan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
  5. Kemampuan membangun jaringan (networking) serta mengelola program dan kegiatan komunikasi (event management)
  6. Memiliki rasa percaya diri, cerdas berbudi luhur, dan senantiasa mengedepankan etika.

Metode Pengajaran

  • Metode pengajaran akan dikombinasikan menggunaan Bleded Learning, yaitu : kuliah, diskusi, studi kasus, penugasan individu maupun kelompok, seminar, kuliah tamu, mini project, kunjungan industri dan lain-lain.
  • Semua Kelas Program M.I.Kom mengutamakan proses interaksi antar sesama mahasiswa dan dosen, sehingga dengan demikian kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan dan akan terasah.

 

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UBL


Marketing Communication and PR

NoSubjectCredit
Pre-Requisite Courses
1Wawasan Budi Luhur1
2Statistics Introduction1
3Introduction to Communication Studies1
4Mass Communication Theory1
1st Semester
1Communication Theories and Perspectives3
2Communication Strategy and Social Change3
3Communication Research Methods (Quantitative)3
4Philosophy of Communication Science3
2nd Semester
1Communication Management3
2Communication Research Methods (Qualitative)3
3Organizational Communication and Leadership3
4Global Communications in the digital age3
3rd Semester
1Risk and Crisis Management3
2Integrated Marketing Practices and Principles3
3Marketing and Promotion Communication Management3
4Strategic Public Relations Digital3
5Research Proposal Seminar1
4th Semester
1Thesis6

 


Media Industry Communications

NoSubjectCredit
Pre-requisite Courses
1Wawasan Budi Luhur1
2Statistics Introduction1
3Introduction to Communication Studies1
4Mass Communication Theory1
1st Semester
1Wawasan Budi Luhur1
2Statistics Introduction1
3Introduction to Communication Studies1
4Mass Communication Theory1
2nd Semester
1Communication Management3
2Communication Research Methods (Qualitative)3
3Organizational Communication and Leadership3
4Global Communications in the digital age3
3rd Semester
1Media Industry Management3
2Digital media and Technology in Communication3
3Global Media And Cultural Industries3
4Media Studies3
5Research Proposal Seminar1
4th Semester
1Thesis6

 

 


  

Digital Communication Politic 

NoSubjectCredit
Pre-requisite Courses
1Wawasan Budi Luhur1
2Statistics Introduction1
3Introduction to Communication Studies1
4Mass Communication Theory1
1st Semester
1Wawasan Budi Luhur1
2Statistics Introduction1
3Introduction to Communication Studies1
4Mass Communication Theory1
2nd Semester
1Communication Management3
2Communication Research Methods (Qualitative)3
3Organizational Communication and Leadership3
4Global Communications in the digital age3
3rd Semester
1Ethics of Political Communication3
2Digital Political Organizing and Campaigning3
3Social Media and Political Communication3
4Marketing Politics3
5Research Proposal Seminar1
4th Semester
1Thesis6

 

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UBL

Tuition Fee

Biaya PendidikanAlumniNon Alumni
Biaya Awal (Pendaftaran dan Matrikulasi)1.100.0001.100.000
Angsuran 1-610.980.00011.820.000
Angsuran 7-127.620.0008.820.000
Angsuran 13-184.800.0005.360.000
Proposal + TA3.500.0003.500.000
Total28.000.000 30.000.000

 Download Brosur S2