PROFIL PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMUNIKASI ( MIKOM )
Untuk mengikuti perkembangan IPTEK, isu-isu lingkungan, serta untuk memenuhi kebutuhan SDM. di Indonesia saat ini, Universitas Budi Luhur tergerak untuk mendirikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi. Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berbasis teknologi komunikasi disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja. Program ini dibuka untuk umum bagi lulusan S-1 dari berbagai Universitas yang akan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi. Universitas memprioritaskan kualitas lulusan yang dihasilkan, lebih baik dan kompeten dibidangnya. Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat lebih didasarkan pada pola pokok ilmiah Universitas, yaitu yaitu dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Masa studi yang dijalankan tentunya masing-masing berbeda sesuai dengan spesifikasi bidang/program studi yang diminati.
Universitas Budi Luhur memberikan kesempatan untuk semua calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri, yang secara intelektual mampu menempuh pendidikan lebih tinggi, secara interaktif dan interdisipliner. Universitas Budi Luhur merupakan salah satu Universitas terkemuka di Indonesia dengan fokus pada pengembangan interdisipliner dalam Rekayasa dan Teknologi Informasi, Ekonomi dan Komunikasi,
Globalisasi menumbuhkan pesatnya industri komunikasi dan informasi yang mendorong terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja yang luas. Untuk mengisi peluang dan lapangan kerja tersebut, tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) handal dan profesional. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur merupakan program yang di desain untuk menghasilkan SDM-SDM handal, cerdas berbudi luhur menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta profesional mampu bersaing di bidang:
- Marketing Communication and Corporate Public Relations
- Media Industry Communications
- Digital Political Communication
Keunggulan
Unggul memiliki makna substantive yang bernilai Competitiveness tertinggi. Keunggulan Universitas Budi Luhur akan ditunjukan dengan karya-karya akademik yang bersifat substansial dan dapat dikompetisikan pada ranah nasional. Unggul dengan daya saing di tingkat nasional dengan standar minimal mencapai ijin Program studi , dan mendapatkan peringkat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional. Dimensi keunggulan yang dikembangkan Universitas Budi Luhur mengarah kepada lima pilar keunggulan yakni: (1) Pendidikan ; (2) Penelitian ; (3) Pengabdian Kepada Masyarakat; (4) Kemahasiswaan; dan (5) Kelembagaan. Setiap pilar didorong untuk memiliki keunggulan spesifik sehingga memiliki nilai competitiveness yang tinggi.
Tujuan
Tujuan Program Studi Magister Ilmu komunikasi (MIKOM) universitas Budi Luhur adalah: menyiapkan lulusan Magister Ilmu komunikasi yang memiliki Kompetensi:
- Kemampuan dalam komunikasi personal, komunikasi persuasi dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (Cyber Communication)
- Kemampuan mengikuti dan cepat beradaptasi pada perkembangan industri dan bisnis serta berjiwa
- Kemampuan melakukan riset komunikasi dan menghasilkan karya komunikasi kreatif.
- Kapasitas kepemimpinan, berpikir dan bertindak strategis, serta kemampuan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
- Kemampuan membangun jaringan (networking) serta mengelola program dan kegiatan komunikasi (event management)
- Memiliki rasa percaya diri, cerdas berbudi luhur, dan senantiasa mengedepankan etika.
Metode Pengajaran
- Metode pengajaran akan dikombinasikan menggunaan Bleded Learning, yaitu : kuliah, diskusi, studi kasus, penugasan individu maupun kelompok, seminar, kuliah tamu, mini project, kunjungan industri dan lain-lain.
- Semua Kelas Program M.I.Kom mengutamakan proses interaksi antar sesama mahasiswa dan dosen, sehingga dengan demikian kemampuan berkomunikasi sangat diperlukan dan akan terasah.
Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UBL
Marketing Communication and PR
No | Subject | Credit |
Pre-Requisite Courses | ||
1 | Wawasan Budi Luhur | 1 |
2 | Statistics Introduction | 1 |
3 | Introduction to Communication Studies | 1 |
4 | Mass Communication Theory | 1 |
1st Semester | ||
1 | Communication Theories and Perspectives | 3 |
2 | Communication Strategy and Social Change | 3 |
3 | Communication Research Methods (Quantitative) | 3 |
4 | Philosophy of Communication Science | 3 |
2nd Semester | ||
1 | Communication Management | 3 |
2 | Communication Research Methods (Qualitative) | 3 |
3 | Organizational Communication and Leadership | 3 |
4 | Global Communications in the digital age | 3 |
3rd Semester | ||
1 | Risk and Crisis Management | 3 |
2 | Integrated Marketing Practices and Principles | 3 |
3 | Marketing and Promotion Communication Management | 3 |
4 | Strategic Public Relations Digital | 3 |
5 | Research Proposal Seminar | 1 |
4th Semester | ||
1 | Thesis | 6 |
Media Industry Communications
No | Subject | Credit |
Pre-requisite Courses | ||
1 | Wawasan Budi Luhur | 1 |
2 | Statistics Introduction | 1 |
3 | Introduction to Communication Studies | 1 |
4 | Mass Communication Theory | 1 |
1st Semester | ||
1 | Wawasan Budi Luhur | 1 |
2 | Statistics Introduction | 1 |
3 | Introduction to Communication Studies | 1 |
4 | Mass Communication Theory | 1 |
2nd Semester | ||
1 | Communication Management | 3 |
2 | Communication Research Methods (Qualitative) | 3 |
3 | Organizational Communication and Leadership | 3 |
4 | Global Communications in the digital age | 3 |
3rd Semester | ||
1 | Media Industry Management | 3 |
2 | Digital media and Technology in Communication | 3 |
3 | Global Media And Cultural Industries | 3 |
4 | Media Studies | 3 |
5 | Research Proposal Seminar | 1 |
4th Semester | ||
1 | Thesis | 6 |
Digital Communication Politic
No | Subject | Credit |
Pre-requisite Courses | ||
1 | Wawasan Budi Luhur | 1 |
2 | Statistics Introduction | 1 |
3 | Introduction to Communication Studies | 1 |
4 | Mass Communication Theory | 1 |
1st Semester | ||
1 | Wawasan Budi Luhur | 1 |
2 | Statistics Introduction | 1 |
3 | Introduction to Communication Studies | 1 |
4 | Mass Communication Theory | 1 |
2nd Semester | ||
1 | Communication Management | 3 |
2 | Communication Research Methods (Qualitative) | 3 |
3 | Organizational Communication and Leadership | 3 |
4 | Global Communications in the digital age | 3 |
3rd Semester | ||
1 | Ethics of Political Communication | 3 |
2 | Digital Political Organizing and Campaigning | 3 |
3 | Social Media and Political Communication | 3 |
4 | Marketing Politics | 3 |
5 | Research Proposal Seminar | 1 |
4th Semester | ||
1 | Thesis | 6 |
Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UBL
Tuition Fee
Biaya Pendidikan | Alumni | Non Alumni |
Biaya Awal (Pendaftaran dan Matrikulasi) | 1.100.000 | 1.100.000 |
Angsuran 1-6 | 10.980.000 | 11.820.000 |
Angsuran 7-12 | 7.620.000 | 8.820.000 |
Angsuran 13-18 | 4.800.000 | 5.360.000 |
Proposal + TA | 3.500.000 | 3.500.000 |
Total | 28.000.000 | 30.000.000 |