Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif Universitas Budi Luhur memberikan ruang kepada Mahasiswa untuk mendalami Ilmu Komunikasi dengan beberapa jalur peminatan atau konsentrasi. Salah satu konsentrasinya yaitu:
Digital Media & Advertising
Peminatan yang menawarkan peserta studi untuk menjadi komunikator yang handal, mengembangkan strategi dalam menyelesaikan sebuah project digital, menganalisa permasalahan yang dihadapi client, mengembangkan konsep kreatif yang berbasis digital, pemilihan jenis media digital yang tepat, mengawasi proses penyampaian pesan agar berhasil, efektif & efisien.
Prospek Lulusan
Lulusan Konsentrasi Digital Media & Advertising dalam prospek kerja, dapat diserap oleh instansi pemerintahan dan perusahaan swasta dalam kaitannya dengan bidang industri kreatif, agency digital, media sosial, maupun media massa. Perkembangan media digital (media sosial, e-commerce, portal berita dan media online lainnya) yang begitu pesat saat ini juga berpengaruh terhadap animo masyarakat terhadap suatu brand di dunia digital. Artinya industri kreatif adalah sosok dibalik kesuksesan kampanye suatu brand tersebut sehingga mampu merebut hati para calon konsumen. Munculnya agensi-agensi digital atau industri-industri kreatif baru menjadikan prospek lulusan konsentrasi ini akan menjadi sangat dibutuhkan untuk diserap dalam industri kreatif tersebut
Adapun prospek lulusan dari Advertising FKDK Budi Luhur adalah:
Profil Profesi | Deskripsi Profil |
Strategic Planner | Memiliki kemampuan untuk menganalisis brand profile klien beserta insights yang melingkupinya (market insights, consumer insights, competitor insights, dsb) secara komprehensif berdasarkan client brief yang sudah disusun oleh Account Executive. |
Social Media Manager | Memiliki kemampuan untuk mengelola konten dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform media social, menjadi admin media sosial, dan meminimalisir konflik pada social media. Mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan pemecahan masalah yang terjadi di media social. Mampu membuat dan mengelola program aktivasi di media sosial. |
Copywriter | Memiliki kemampuan membuat konsep kreatif pemasaran dan merangkai konsep tersebut dalam bahasa pemasaran. Mampu menulis, merangkai, menyunting pesan di berbagai saluran komunikasi pemasaran. |
Account Executive / Project Manager | Memiliki kemampuan untuk memahami untuk mengidentifikasi kebutuhan dari setiap klien. Juga mampu untuk mengumpulkan, menganalisis dan mengorganisasikan informasi dari client dan menyampaikannya kepada tim internal. Mampu mengelola proyek periklanan dan harus memiliki kemampuan negosiasi. |
Marketing Communication | Memiliki kemampuan mengalisis merek, pasar, khalayak sasaran, hingga merencanakan dan menyusun perencanaan dan proposal komunikasi pemasaran. Memiliki kemampuan presentasi, negosiasi, dan berinteraksi pada level interpersonal maupun organisasional di lingkungan kerja. Mampu menentukan strategi promosi dan media yang digunakan. |
Tujuan Khusus
Mampu untuk menjadi pengkaji masalah komunikasi yang dihadapi dengan mengkonsepkan dan mengeksekusi pesan secara kreatif, efisien dan efektif melalui media digital. memiliki keterampilan dan kemampuan menciptakan gagasan, merancang, menulis, mengeksekusi pesan iklan dalam media digital. Pula dalam mengembangkan konsep, selalu berlandaskan teori dan juga mempertimbangkan konteks sosial, politik, budaya, ekonomi, pendidikan, maupun bidang lainnya. Mampu secara konsisten mengelola dan memproduksi pesan dan karya seni sesuai kaidah dan standar prosedur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi mampu mengembangkan jiwa enterpreneurship di bidang industri kreatif sebagai pengembangan profesi dan usaha. mampu bekerja dengan memperhatikan norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat, menjadi insan yang bermoral, berkarakter, berahlak mulia dan berbudi pekerti luhur.